oleh

Inilah Dampak Bencana Tsunami Terjang Pemukiman Warga

-Berita-323 views

Banten/Lampung, Djitoe.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam situs resminya menyatakan, hingga 23/12/2018 pukul 07.00 WIB, data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka dan 2 orang hilang.

Sementara itu, untuk kerugian fisik, BNPB mencatat ada 430 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, 10 kapal rusak berat dan puluhan rusak.

Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, merupakan wilayah paling parah terkena dampak tsunami kali ini. Di mana, Tsunami menerjang pemukiman warga dan kawasan wisata sepanjang pantai, diantaranya Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Penimbang, dan Carita. Sehingga, mengakibatkan 33 orang meninggal dunia, 491 orang luka-luka, 400 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat. Sedangkan untuk wilayah Serang, tercatat 3 orang meninggal dunia, 4 orang luka-luka dan 2 orang hilang.

BNPB juga mencatat, di Lampung Selatan korban jiwa mencapai 7 orang dan yang mengalami luka-luka ada 89 orang. Selain itu, terdapat 30 unit rumah yang mengalami kerusakan cukup berat.

Hingga saat ini BNPB terus melakukan pendataan, pasalnya ada kemungkinan jumlah korban dan kerusakan masih akan bertambah. BNPB juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar pantai. Lebih lanjut, mereka menginformasikan bahwa BMKG dan Badan Geologi masih melakukan kajian untuk memastikan penyebab tsunami dan kemungkinan susulannya.(rls/dj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed